Cara Betulin Kompor Gas Susah Menyala

1. Lepas regulator tabung gas
Regulator adalah sebuah komponen yang posisinya berada di antara selang dan tabung gas. Fungsi utama regulator untuk mengatur kinerja gas serta mengunci gas di dalam tabung agar tidak terjadi kebocoran. Jika api di kompor gas susah atau tidak bisa menyala, besar kemungkinan gas di tabung gas tidak tersalurkan dengan baik menuju pemantik.

2. Perbaiki pemantik kompor
Kompor gas susah hingga tidak mau menyala bisa disebabkan adanya kerusakan pada bagian pemantik kompor sehingga pemantik tidak mampu mengeluarkan api. Pemantik kompor yang rusak bisa karena lepasnya kabel pemantik atau adanya kotoran yang menyumbat ujung pemantik sehingga tidak berfungsi menyalakan api. Untuk mengatasinya, kamu perlu meletakkan kembali kabel pemantik pada tempatnya dan membersihkan ujung pemantik dari kotoran.

Cara Betulin Kompor Gas Susah Menyala

Cara Betulin Kompor Gas Susah Menyala

3. Bersihkan semua komponen kompor
Kerak yang menempel pada masing-masing komponen kompor gas bisa mempengaruhi kinerja kompor gas dan membuatnya susah menyala. Buka cover atau penutup kompor gas, lalu bersihkan semua komponen yang ada di dalamnya. Bersihkannya menggunakan air panas, larutan baking soda, cuka apel, jeruk nipis, hingga minyak tanah. Pilih yang menurutmu mudah. Celupkan kain ke dalam bahan-bahan pembersih di atas, kemudian oleskan pada bagian kompor yang berkerak dan bersihkan secara perlahan.

4. Atur tungku kompor, burning, dan dudukannya
Kompor gas yang susah menyala bisa dikarenakan gangguan aliran gas menuju kompor pada bagian tungku atau burner. Apabila burner terlihat kotor, segera angkat dan bersihkan kerak pada bagian lubang burner menggunakan sikat, kawat kecil, atau jarum. Posisi burner yang tidak pas juga mempengaruhi aliran gas dan membuat kompor gas susah menyala.

Cara Betulin Kompor Gas Susah Menyala

Cara Betulin Kompor Gas Susah Menyala

5. Perbaiki knop kompor gas
Knop kompor gas bermasalah bisa menyebabkan kompor gas menjadi susah menyala dan tidak menyala. Pada knop kompor gas, terdapat spuyer yang berfungsi mengatur besar kecilnya aliran gas.