Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

Port USB merupakah sebuah lubang yang pasti ada di semua perangkat komputer ataupun laptop. Fungsinya adalah untuk menyambungkan perangkat eksternal ke dalam komputer atau laptop. Perangkat eksternal itu antara lain, mouse, flashdisk, hardisk, memory card, kabel data, dan masih banyak lagi.

Terkadang salah satu lubang USB tidak bisa berfungsi dengan baik. Seringkali kamu merasa panik dan langsung mengambil kesimpulan bahwa perangkat eksternal milikmu rusak seperti flashdisk.

BACA JUGA : Cari Geomembrane Padang 2022

Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

1. Restart PC
Sudah coba restart PC kamu? Seandainya belum, sebaiknya lakukan Restart terlebih dahulu. Apa sih alasannya? Alasannya karena beberapa kasus error di komputer/laptop bisa diperbaiki hanya dengan merestartnya saja. Termasuk juga masalah tidak berfungsinya port USB. Jika dengan melakukan restart masalah belum teratasi, silahkan lakukan cara lain di bawah ini.

2. Bersihkan Kotoran di Port USB
Port USB yang terbuka dan jarang digunakan, akan sangat mudah terkena kotoran, baik itu debu, makanan, atau kotoran lainnya. Jadi solusi mengatasi masalah ini yakni mencoba untuk mengecek port USB laptop atau komputer kamu terdapat kotoran-kotoran atau tidak. Apabila ditemukan ada kotoran bersarang disana, segera bersihkan menggunakan plastik, tusuk gigi, tisu, atau benda isolator lainnya. Jangan gunakan obeng atau benda yang bisa menghantarkan listrik ya.

3. Pastikan Port USB Tidak Longgar
Port USB yang tidak bisa digunakan juga dapat terjadi lantaran port tersebut longgar akibat sering dipakai. Untuk mengeceknya, silahkan hubungkan perangkat USB ke port tersebut. Setelah itu coba goyangkan perangkat USB (goyangkan ke kanan kiri). Namun jika kamu merasa perangkat USB tidak goyang dan port tidak longgar, berarti bukan ini masalahnya. Silahkan lakukan cara lain untuk memperbaikinya!

Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

Cara Mengatasi Port Usb Pc Rusak

4. Coba Port USB yang Lain

Hampir semua komputer atau laptop pasti memiliki lebih dari satu port USB. Dengan demikian, coba lepas perangkat USB dan pindahkan ke port USB yang lain. Sebaiknya coba semua port USB yang ada. Saat perangkat USB kamu terdeteksi di port lain, itu tandanya port yang pertama tadi mengalami kerusakan.

5. Tukar Kabel USB yang Berbeda
Saat perangkat USB tidak bisa terbaca di komputer atau laptop, belum tentu port yang mengalami masalah dan tidak berfungsi. Ada kemungkinan juga bahwa perangkat atau kabel USB yang mengalami error. Apalagi jika kamu sudah mencoba semua port dan tetap tidak bisa.

6. Sambungkan Perangkat ke Komputer Lain
Andaikata kamu punya perangkat laptop atau komputer lain, coba hubungkan perangkat atau kabel USB yang sama ke komputer tersebut. Tujuannya sama dengan cara sebelumnya, yaitu untuk memastikan masalah ada pada perangkat USB atau port USB. Apabila perangkat USB berhasil terbaca, maka kemungkinan port yang mengalami masalah.

7. Matikan dan Hidupkan USB Controller
Cara lain untuk mengatasi port USB yang tidak berfungsi yaitu dengan mematikan lalu menghidupkan kembali driver USB Controller.

8. Update Sistem (Jika Ada)
Meski kemungkinannya sangat kecil, tapi dalam beberapa kasus, melakukan Update Windows terbukti bisa mengatasi masalah port USB yang tidak terbaca.