Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Laptop Thinkpad Lenovo yang biasanya Kamu andalkan tiba-tiba tidak bisa dihidupkan? Kaget boleh, tapi jangan panik dulu. Sebab masih ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan sebelum memutuskan bahwa laptopmu ke tempat service.

BACA JUGA : Jasa Pemasangan Geomembrane Samarinda

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Mengenali Masalah Pemicu Laptop Tidak Mau Menyala

Yang perlu Kamu ketahui adalah, penyebab laptop yang tidak mau menyala bisa sangat beragam. Kerusakan juga bisa dibedakan berdasarkan software dan bagian hardware dengan gejala yang juga berbeda-beda. Kamu bisa mengalami masalah seperti laptop tidak nyala hanya lampu power saja yang hidup atau berkedip hingga sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda aktifnya laptop.
Kondisi juga tidak berubah meski sudah Kamu coba berulang-ulang menekan tombol power dan menyambungkan charger.

Masing-masing gejala kerusakan pada laptop tersebut bisa saja memerlukan teknis penanganan yang juga berbeda pula. Seperti halnya laptop dari merek lain, cara memperbaiki laptop Lenovo mati total pun akan disesuaikan dengan penyebabnya. Tapi kali ini kita tidak akan membahas hal detil dan hanya mencoba beberapa langkah yang bisa Kalian coba untuk menghidupkan kembali laptop Lenovo-mu yang tiba-tiba mati total. Untuk itu, mari kita mulai mencoba langkah-langkahnya.

Ada beberapa model laptop Lenovo yang sepertinya memiliki masalah dengan mode Hibernasi dimana setelah tidur selama beberapa lama, ia tak kunjung bangun dari mode tersebut.

Dalam kondisi ini, lampu LED indikator power sama sekali tidak menyala saat tombol power ditekan. Atau kadang malah hanya berkedip sebanyak 3 kali saja sementara laptop tetap tak kunjung memperlihatkan tampilan Windows, tanpa suara bip, peringatan dari BIOS dan sebagainya.

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Mati

Dengan asumsi masalah disebabkan karena kegagalan power, berikut cara memperbaiki laptop Lenovo mati total yang bisa Sobat Berotak coba lakukan.

  1. Cek Sumber Daya
    Pastikan bahwa tidak ada masalah pada baterai, charger (kabel dan adapter) serta colokan listrik di rumah. Kamu bisa mencoba melepas baterai dan mencoba menyalakan laptop hanya menggunakan charger sebagai sumber daya. Tak ada salahnya pula mencoba colokan menggunakan alat elektronik lain untuk memastikan kinerjanya.
  2. Cek Baterai CMOS
    Jika solusi pertama di atas belum efektif, Kamu bisa mencari obeng untuk mengakses bagian dalam laptopmu. Tenang, Kamu hanya akan berurusan dengan baterai CMOS yang mungkin juga bisa menjadi solusi menyalakan kembali laptop Lenovomu. Hal ini bertujuan untuk lebih memastikan bahwa tidak ada masalah pada sistem hingga ke level BIOS.