Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Cara Memperbaiki Komputer Rusak – Perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Komputer dan laptop terutama lebih dibutuhkan, mengingat kepraktisan penggunaan dan fungsinya secara lengkap. Bagi kaum pekerja hingga anak sekolah dan kuliahan, komputer dan laptop adalah wadah untuk mengerjakan segala tugas-tugas.

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna komputer dan laptop adalah penurunan kapasitas performa perangkatnya. Komputer akan menjadi berat dan lemot apabila terlalu banyak menampung data dan digunakan secara terus-menerus tanpa istirahat. Faktor umur komputer juga dapat menjadi penyebab komputer lemot.

Umumnya, cara mengatasi komputer lemot bisa dengan cara menyesuaikan software yang diinstall dengan spesifikasi hardware yang terpasang. Anda juga dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, memasang anti-virus, memperhatikan kebersihan perangkat hardware dan sebagainya.

BACA JUGA : Manfaat memelihara ikan hias bagi kesehatan

Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Berikut Cara Memperbaiki Leptop Rusak / Lemot :

1. Bersihkan Komputer dari Virus atau Malware
Sangat penting untuk mengecek apakah komputer Anda terinfeksi virus atau tidak. Salah satu penyebab kinerja komputer menjadi lemot biasanya karena komputer Anda mengandung virus atau malware. Serangan virus atau malware yang tidak disadari dapat memberatkan perangkat komputer yang Anda gunakan. Jenis virus dan malware juga sangat banyak jenisnya.

2. Jangan Buka Terlalu Banyak Startup Program
Terlalu banyak startup program pada komputer Anda juga merupakan salah satu penyebab komputer menjadi lemot. Banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up membuat RAM bekerja terlalu keras dalam mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up. Hal ini tentu membuat RAM sangat terbebani.

3. Periksa Kondisi Harddisk Komputer
Seringnya, komputer menjadi lemot karena overheat atau terlalu panas. Bisa juga karena ada masalah pada harddisk. Masalah harddisk yang umum ditemui adalah karena harddisk low space, terfragmentasi, sudah terlalu lama hingga rpm-nya menurun, atau harddisk mengalami error/bad sector. Banyaknya penumpukan temporary files pada harddisk juga mempengaruhi perlambatan kinerja komputer.

Cara Memperbaiki Komputer Rusak

Cara Memperbaiki Komputer Rusak

4. Uninstall Program yang Tidak Perlu

Komputer pribadi biasanya terisi oleh bermacam-macam program, bahkan program yang tidak diperlukan dan tidak pernah digunakan sama sekali. Masalahnya adalah, beberapa program ini dapat berjalan di background process dan memakan resource komputer yang tersedia.

Selain membuat harddisk Anda penuh, program-program tak terpakai yang berjalan di background tersebut dapat membuat komputer menjadi lemot. Cara mengatasi komputer lemot karena hal ini Anda harus menghapus atau uninstall program-program yang memang tidak Anda pakai dan tidak Anda butuhkan. Ini akan mengurangi beban kerja CPU komputer dan meningkatkan performanya.

5. Non-Aktifkan Visual Effect Pada Komputer
Pada Windows, visual effect berfungsi untuk mempercantik tampilan komputer ketika sedang dijalankan agar lebih nyaman dipandang. Terdapat cukup banyak visual effect pada Windows 10, yang sebenarnya malah memakan cukup banyak performa CPU komputer Anda.

Cara mengatasi komputer lemot yang selanjutnya dengan mengurangi beberapa penggunaan visual effect tersebut. Caranya, Anda bisa masuk ke Control Panel, klik System & Security, pilih System, pilih Advanced System Setting, lalu pilih tab Performance. Setelah masuk, Anda tinggal memilih opsi yang mengatur visual effect tersebut, lalu restart komputer Anda.