Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Baju

Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Di Baju – Tinta pulpen sering memaksa kita untuk tidak memakai baju yang terkena noda. Menghilangkan noda tinta terlebih yang sudah kering bukan perkara yang mudah. Menggunakan cairan pemutih belum tentu membuat noda hilang tanpa bekas. Jika noda tinta ada di pakaian berwarna, pemutih pakaian tentu tidak bisa Anda gunakan

Campuran zat kimia di pemutih pakaian akan memudarkan warna pakaian. Alih-alih bersih, baju berwarna Anda malah berubah warna menjadi pudar. Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda tersebut.

BACA JUGA : Makanan ikan alami dan buatan

Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Di Baju

Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Di Baju

1. Garam
Bahan pertama yang bisa digunakan adalah garam. Bahan dapur ini cukup mudah Anda gunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju. Taburkan garam di atas noda tinta yang masih basah, lalu usap perlahan garam tersebut. Gunakan lap basah untuk mengelap garam tersebut. Ulangi jika masih ada sisa tinta yang tersisa.

2. Aseton atau nail polish remover
Manfaatkan aseton untuk menghilangkan noda di baju warna. Usap bagian yang terkena tinta menggunakan sedikit aseton. Gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskan aseton pada noda. Jika noda tinta sudah hilang, cuci baju seperti biasa. Baju berwarna Anda bersih dari noda tinta dan warna tidak luntur.

Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Di Baju

Cara Menghilangkan Tinta Pulpen Di Baju

3. Maizena

Tepung jenis ini memiliki beragam manfaat. Tidak hanya sebagai bahan membuat makanan, tapi juga membersihkan noda tinta. Cara menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan noda pulpen di baju cukup mudah. Campurkan maizena dengan sedikit susu hingga menjadi pasta. Oleskan pasta maizena ke noda tinta dan tunggu hingga kering. Setelah kering, hilangkan maizena lalu cuci baju seperti biasa.

4. Susu putih
Kadang cairan pemutih baju tidak bisa menghilangkan noda tinta secara tuntas. Noda tinta terkadang masih tersisa meski sudah dicuci berulang kali. Untuk baju putih, Anda bisa menggunakan susu untuk menghilangkan noda pulpen. Siapkan susu dalam wadah yang cukup besar. Rendam baju yang terkena tinta di dalam susu dan diamkan semalam. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.

5. Cuka dapur
Cuka dapur memiliki segudang fungsi selain untuk memasak. Noda tinta di baju bisa hilang dengan bahan dapur ini. Campurkan 3 sendok maizena dengan 2 sendok cuka dapur, aduk hingga membentuk pasta. Basahi noda tinta lalu oleskan pasta cuka di noda tersebut. Tunggu hingga kering. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.