Cara Menghilangkan Noda Tinta

Cara Menghilangkan Noda Tinta РNoda tinta pada baju akan terlihat mencolok, terutama ketika memakai pakaian berwarna terang. Kedengarannya masalah seperti ini termasuk sepele, padahal sebenarnya bagi sebagian orang dapat mengganggu penampilan. Terlebih jika pakaian tersebut dikenakan sehari-hari, tentu rasanya jadi tidak nyaman akibat adanya noda tinta yang malah membuatnya terlihat kotor. Kebanyakan orang memilih membuang pakaiannya yang terkena tinta lalu membeli baru, daripada membersihkannya sendiri karena dinilai lebih praktis. Oleh karena itu, kamu membutuhkan bahan pembersih tambahan. Tak perlu khawatir, bahan-bahan pembersih noda tinta di baju ini bisa ditemukan dengan mudah di rumah, lho. Mari simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

BACA JUGA : Beli Geomembrane Sulawesi 2022

Cara Menghilangkan Noda Tinta

Cara Menghilangkan Noda Tinta

1. Menggunakan Aseton
Aseton atau cairan pembersih kutek bisa digunakan untuk menghilangkan tinta spidol yang menempel di baju. Caranya dengan meneteskan cairan aseton 1 atau 2 tetes. Kemudian usap dengan lembut dengan kain atau tisu kering. Kemudian, siapkan ember berisi air dingin dan campurkan sedikit garam dapur. Gunakan air tersebut untuk merendam baju selama 10 menit. Ulangi cara ini sampai tinta spidol hilang.

2. Gunakan Pasta Gigi
Pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan tinta spidol di baju. Caranya dengan menggunakan pasta gigi non gel. Sahabat Fimela bisa mengoleskan pasta gigi ke bagian baju yang terkena tinta spidol. Lalu gosoklah bagian tersebut dengan lembut sampai noda menghilang. Setelah itu bilas dan cuci baju seperti biasanya.

Cara Menghilangkan Noda Tinta

Cara Menghilangkan Noda Tinta

3. Gunakan Cuka

Cara menghilangkan tinta spidol yang menempel di baju selanjutnya, yaitu menggunakan cuka. Cuka adalah bahan dapur yang mengandung asam. Kandungan pada cuka akan membantu mengangkat noda yang membandel. Caranya dengan menuangkan 1 sendok cuka di atas tinta spidol yang menempel di baju. Kemudian diamkan selama 10 menit. Gosok dengan lembut sampai tinta menghilang. Lalu bilas dengan mencuci baju.

4. Gunakan Garam
Selain cuka, ada bahan dapur lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan tinta spidol di baju, yaitu menggunakan garam. Cara menggunakan garam adalah dengan membasahi baju yang terkena tinta spidol. Lalu tuangkan sedikit garam dan gosok menggunakan tisu basah. Kamu juga bisa menyikat noda dengan sikat gigi. Lakukan sampai tinta spidol hilang.

5. Gunakan Alkohol
Alkohol memiliki kandungan yang keras, tapi bisa membantu menghilangkan tinta spidol yang menempel di baju. Namun saat menggunakan alkohol, sebaiknya perhatikan bahan pada baju. Karena tidak semua kain bisa tahan dengan alkohol. Penggunaan alkohol ini harus hati-hati. Alkohol bisa menyebabkan warna baju menjadi pudar dan tangan iritasi.