Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar

Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar – Ketika dalam proses membangun atau merenovasi sebuah rumah, umumnya semen yang digunakan bisa berceceran ke lantai keramik di lantai. Akibatnya, semen yang tercecer jadi mengering dan tampak seperti noda, sehingga merusak tampilan permukaan keramik, khususnya keramik yang kasar. Ketika hal seperti ini terjadi, kamu harus segera membersihkannya, agar tampilan keramik tidak terganggu oleh noda semen yang tak sedap dipandang.

BACA JUGA : Distributor Geomembrane Samarinda Perm2

Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar

Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar

1. Gunakan Soda Kue

Cara menghilangkan semen di keramik yang pertama dengan menggunakan baking soda atau soda kue. Bahkan, noda membandel lainnya pun akan hilang menggunakan soda kue. Ada dua cara membersihkan semen di keramik yang bisa kamu lakukan dengan soda kue. Pertama taburkan bubuk soda kue langsung ke bekas semen dan biarkan selama beberapa waktu. Kemudian, sikat lantai yang telah ditaburi soda kue tersebut hingga noda menghilang. Kedua, celupkan kain atau spons ke dalam mangkuk berisi soda kue. Lalu, gosok area keramik dengan spons tersebut pada area keramik yang memiliki sisa-sisa semen. Setelah selesai, bilas menggunakan air hangat hingga keramik kembali bersih.

2. Siramkan Cairan Cuka
Cara menghilangkan bekas semen pada keramik yang kedua adalah dengan menggunakan cairan cuka. Sama seperti soda kue, kamu bisa menggunakan dua cara : Pertama, siramkan cuka secara langsung ke area lantai yang terkena noda semen. Kemudian, diamkan beberapa saat dan pel sisa-sisa semen tersebut. Kedua, campurkan larutan cuka ke dalam botol semprotan yang telah diisi air. Setelah tercampur, semprotkan larutan ke permukaan semen dan gosok perlahan.

Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar

Cara Menghilangkan Bekas Nat Di keramik Kasar

3. Oleskan Larutan HCL

Larutan HCL atau asam klorida juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas semen di keramik. Untuk pengaplikasiannya, kamu hanya perlu mencampurkan larutan tersebut ke dalam ember yang telah terisi air. Setelah itu, cukup campurkan HCL sebanyak beberapa sendok saja. Kandungan asam yang sangat tinggi pada HCL bisa merusak permukaan lantai jika digunakan terlalu banyak. Sebaiknya gunakan pula sarung tangan ketika kamu menggosok larutan tersebut pada semen.

4. Gunakan Hidrogen Peroksida
Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang ampuh digunakan untuk menghilangkan bekas semen di keramik. Sebelum mengaplikasikan bahan ini, sebaiknya kamu mencampurkan hidrogen peroksida dengan tepung putih. Hal ini dimaksudkan, agar cairan hidrogen peroksida menggumpal dan berubah jadi pasta. Setelah berbentuk seperti pasta, balurkan bahan tadi ke area keramik yang terkena semen hingga tertutup seluruhnya. Biarkan semalaman lalu bilas dengan air dingin keesokan harinya.

5. Rajin Membersihkan Lantai Keramik
Rajin membersihkan lantai keramik secara rutin juga jadi cara membersihkan bekas semen di keramik. Sebaiknya kamu rutin menyapu atau mengepel keramik tersebut agar sisa-sisa semen terkikis. Hal itu juga akan membuat permukaan keramik tetap terlihat bersih dan mengkilat. Jika kamu rajin membersihkan lantai keramik, maka sisa-sisa semen yang menempel di atasnya lama-kelamaan akan menghilang.