Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino

Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino – Celana jenis chino umumnya digunakan hampir semua orang. Celana dengan bahan katun lembut ini selalu menjadi andalan, nyaman dan cocok digunakan kemana saja dan dimana saja. Celana ini butuh perawatan khusus untuk tetap menjaga kualitas dan warnanya tetap stabil. Terutama saat proses pencucian. Celana chino tidak cocok direndam dan dicuci bersama pakaian lain yang mudah luntur. Sehingga butuh penanganan khusus.

BACA JUGA : Cari Geomembrane Sulawesi Perm2

Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino

Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino

Berikut ini cara menghilangkan noda luntur pada celana chino yang perlu Anda ketahui:
  1. Pertama siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti panci besar, penjepit, detergen, air secukupnya dan kompor.
  2. Tuang air bersih ke dalam panci besar, masukkan deterjen secukupnya, aduk sampai berbusa.
  3. Nyalakan api kompor dan letakkan panci di atas kompor.
  4. Masukkan celana chino yang terkena luntur. Aduk pelan dan tunggu sampai mendidih.
  5. Setelah dibiarkan beberapa menit, matikan api kompor dan angkat celana.
  6. Masukkan ke dalam ember berisi air dingin.
  7. Periksa noda luntur pada celana, kucek pelan dan noda luntur akan hilang dengan sendirinya.

Dengan langkah yang sama di atas Anda bisa menambahkan cuka pada larutan detergen saat memasak air dengan panci. Cara ini bisa Anda lakukan jika dengan detergen saja noda tidak hilang. Cara simpel lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan beberapa sendok garam pada rendaman pakaian. Bila perlu letakkan butiran garam pada bagian noda celana, biarkan beberapa saat. Kemudian kucek pelan dan noda akan hilang dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino

Cara Menghilangkan Luntur Di Celana Chino

Cara Mencuci Celana Chino

1. Cuci dengan Cara Manual
Ketika dicuci, celana Chino sebaiknya digosok-gosok menggunakan tangan. Dengan kata lain, jangan terlalu sering menggunakan mesin cuci. Jika Anda menggunakan mesin cuci, atur putaran dengan skala rendah hingga sedang saja. Hal ini bertujuan agar bahan katun pada celana Chino tidak mudah rusak oleh kencangnya putaran mesin.

2. Membalikkan Celana Chino ketika Dicuci
Bukan hanya dicuci secara manual, Anda juga harus membalikkan celana Chino ketika dicuci. Artinya, usahakan bagian dalam celana berada di posisi luar ketika menyatu dengan air dan deterjen apalagi saat digosok. Hal ini demi menjaga warna kain agar tidak mudah luntur. Merawat celana Chino ketika dicuci, harus fokus untuk membersihkan bagian-bagian yang mudah terkena kotor seperti bagian bawah yang menyentuh mata kaki dan saku. Hal ini karena bagian bawah sering dan mudah bersentuhan dengan debu, sementara saku sering dimasukkan tangan atau benda yang membawa bakteri.

3. Rendam dengan Cuka atau Alkohol

Jika celana Chino berbau tak sedap, Anda bisa merendamnya dengan air hangat yang sudah dicampur dengan cuka. Masukkan celana Chino ke dalam larutan cuka tersebut selama kurang lebih 30 menit untuk menghilangkan aroma bau dari kain. Sementara itu, jika celana Chino Anda terkena noda maka bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkannya. Caranya, lap bagian yang ada nodanya dengan handuk yang sudah diberi alkohol sebelumnya, kemudian keringkan.

4. Keluarkan dari Pengering saat Masih Lembab
Kelebihan dari kain berbahan katun Twill seperti yang digunakan pada celana Chino adalah tahan pada suhu tinggi. Oleh karena itu ketika dimasukkan ke dalam pengering mesin cuci jangan tunggu hingga full kering, tetapi keluarkan saat masih lembab. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika menyetrikanya, dan jangan lupa untuk menggunakan suhu yang rendah.

5. Jangan Gunakan Pemutih
Celana Chino kebanyakan berwarna khaki atau coklat, sehingga ketika dicuci tidak perlu menggunakan pemutih yang justru bisa memudarkan warna aslinya. Anda cukup menggunakan deterjen dan pewangi saja untuk merawat celana Chino agar bersih dan harum.